Informasi Dasar Seputar Alucobond Composite

Alucobond composite atau ACP (Aluminium Composite Panel, yaitu jenis bahan material untuk penutup dinding, plafon, serta facade yaitu bagian dinding dari luar bangunan. Jenis material yang sau ini terdiri dari bahan material core dan tentunya dilapisi dengan aluminium pada kedua bagian sisinya, kemudian dipress hingga menjadi satu bagian. Bahan ACP ini dibagi menjadi dua bagian berbeda, yaitu bagian yang ditujukan untuk penggunaan di dalam ruangan (indoor) serta bagian yang digunakan di luar ruangan atau outdoor. kedua bagian tersebut memuliki perbedaan pada sisi ketebalan dari lapisan aluminium serta bagian finishing coating yang dimilikinya.

Untuk bagian luar seperti halnya facade bangunan umumnya akan menggunakan finishing dari coating dengan PVDF, sedangkan untuk bagian dalam dari ruangan biasa justru sering dilakukan dengan menggunakan bagian finishing polyester. Bagi mereka yang terhambat akan penggunaan biaya , umumnya penggunaan ACP dilakukan dengan memilih bahan atau tipe PE yang ditujukan untuk penggunaan luar ruangan. Namun pastikan pula untuk memilih ACP dengan warna-warna yang terang. Pasalnya warna yang terang relatif lebih tahan lama pada beragam perubahan cuaca yang ada, utamanya dibandingkan dengan warna-warna gelap, yang tentunya dapat memudar dalam waktu singkat.

Selain bagian pelapis, ketebalan dari alucobond composite juga patut untuk anda perhatikan, Pasalnya semakin tebal ukuran dari ACP tersebut maka semakin tinggi pula harga yang dimilikinya. Karena itula akan lebih baik apabila anda memilih ACP dengan tingkat ketebalan yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Selain menghemat dana, hal ini juga membantu anda untuk mendapatkan apa yang anda butuhkan dengan lebih tepat.

Untuk tingkat ketebalannya itu sendiri ACP tersedia dengan beragam pilihan ukuran serta tipe berbeda, dimulai dari ukuran 0.21 mm atau 0.3 mm yang juga dapat digunakan untuk ruko dengan pilihan 2 hingga 4 lantai. Hal ini berkaitan pula dengan beban fisik yang dimilikinya yang mana tingkat ketahanannya pada angin serta hujan tidak terlalu besar, sehingga masih tergolong aman apabila digunakan pada beberapa lantai tersebut, dan maksimal lantai 6. Sementara untuk bangunan dengan ketinggian lantai di bagian atas tadi sebaiknya dilakukan dengan menggunakan tipe 0.5 mm yang tentunya jauh lebih kuat.

Memilih material ACP

Ketika anda memilih bahan yang satu ini untuk diterapkan di rumah yang anda miliki, maka terdapat beberapa hal yang dapat anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, seperti halnya merek produk, kemudian jenis material core yang dimilikinya, tingkat ketebalan dari total panel  yang dimilikinya, kemudian ketebalan dari lapisan aluminium,  bagian finishing coating, serta jenis yang dimilikinya. Pastikanlah untuk memilih ACP atau alucobond composite dengan kualitas serta harga terbaik yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Comments for this post are closed.